Tantangan dan Risiko Berbisnis di Turki

Tantangan dan Risiko Berbisnis di Turki

Tantangan dan Risiko Berbisnis di Turki – Dalam laporan Kemudahan Berbisnis 2018 Bank Dunia, Turki berada di peringkat ke – 60 dari 190 pasar. Karena Customs Union dengan UE, saat ini perusahaan Inggris tidak mengalami kendala yang sama yang mungkin mereka hadapi di pasar dengan pertumbuhan tinggi lainnya. Namun, ada tantangan unik tertentu saat berbisnis di atau dengan Turki. Ini termasuk:

Tantangan dan Risiko Berbisnis di Turki
  • masalah regulasi
  • birokrasi
  • perubahan mendadak pada undang-undang dan peraturan tanpa peringatan dan konsultasi. sbobet asia
  • kebutuhan untuk menunjukkan komitmen terhadap pasar, baik dengan kehadiran nyata di negara atau membangun dan memelihara hubungan yang kuat.
  • kebutuhan kunjungan pasar rutin untuk memenuhi persyaratan Turki.

Hambatan regulasi, kelumpuhan dalam pengambilan keputusan, dan perubahan mendadak pada legislasi dan regulasi dapat membuat frustasi. Bea tambahan, yang diterapkan untuk melindungi industri dalam negeri, dapat berlaku untuk perusahaan UE jika produk mereka diproduksi di luar UE.

Investor telah menyatakan keprihatinan atas perubahan regulasi yang sering terjadi dengan jangka waktu implementasi yang singkat dan evaluasi yang tidak memadai atas konsekuensi yang lebih luas untuk sektor terkait. Beberapa telah menyatakan keprihatinan atas supremasi hukum, termasuk independensi dan imparsialitas lembaga negara.

Umpan balik dari beberapa perusahaan Turki menunjukkan bahwa perusahaan Inggris dianggap sebagai penolak risiko, terlalu berhati-hati dan lambat mengambil keputusan. Meskipun uji tuntas yang disyaratkan disarankan, bisnis Inggris memang perlu menunjukkan komitmen terhadap pasar, baik dengan terlihat jelas di sini atau membangun dan memelihara hubungan yang kuat.

Ini berarti kunjungan rutin ke pasar; dan kesediaan untuk berkomitmen pada proyek atau peluang bisnis sejak dini. Ini dapat mencakup mendemonstrasikan produk utama atau keahlian dan kemampuan untuk memenuhi persyaratan Turki dengan indikasi bahwa mereka siap untuk mendiskusikan dan menyesuaikan solusi akhir dengan kebutuhan Turki. Dengan demikian, perusahaan Inggris perlu berada dalam posisi untuk bereaksi terhadap jadwal tender yang singkat di Turki dan memiliki posisi yang tepat untuk memberikan rincian yang ditentukan nanti. Perusahaan Turki sering kali tertarik pada kemitraan dan transfer pengetahuan, daripada hubungan komersial transaksional murni.

Untuk membantu mengurangi tantangan ini, Anda disarankan untuk menunjuk dan bekerja dengan mitra lokal yang kompeten dan mencari bantuan dari pengacara komersial berpengalaman. 

Anda juga harus memastikan bahwa Anda mengambil langkah yang diperlukan untuk mematuhi persyaratan UK Bribery.

Risiko Bisnis Luar Negeri

Kode Komersial Turki Baru

Turki Komersial Kode Baru (yang mulai berlaku pada 1st Juli 2012) berjalan beberapa cara untuk mengatasi kebutuhan untuk transparansi yang lebih besar dan mengurangi birokrasi dalam bisnis Turki serta fleksibilitas dalam direktur.

Perusahaan Turki semakin memiliki tata kelola perusahaan yang kuat dan struktur tanggung jawab sosial. Perusahaan Turki sekarang tunduk pada undang-undang Kepatuhan Tata Kelola Perusahaan dan pada waktunya sesuai dengan standar pelaporan keuangan internasional (IFRS), yang harus memastikan peningkatan kepercayaan internasional di pasar.

Suap dan korupsi

Berdasarkan Undang-Undang Suap Inggris Raya, penyuapan adalah ilegal dan merupakan pelanggaran bagi warga negara Inggris atau seseorang yang biasanya tinggal di Inggris Raya, badan yang didirikan di Inggris Raya atau kemitraan Skotlandia, untuk menyuap di mana pun di dunia.

Selain itu, organisasi komersial yang menjalankan bisnis di Inggris Raya dapat bertanggung jawab atas tindakan seseorang yang bukan warga negara Inggris atau penduduk di Inggris Raya atau badan yang didirikan atau dibentuk di Inggris Raya. Dalam hal ini tidak masalah apakah tindakan atau kelalaian yang merupakan bagian dari pelanggaran terjadi di Inggris atau di tempat lain.

OECD menilai Turki telah membuat kemajuan signifikan sejak 2007 dalam upayanya untuk memerangi penyuapan dalam kesepakatan bisnis internasional dengan menerapkan sepenuhnya semua kecuali satu dari rekomendasi Kelompok Kerja OECD tentang Suap.

Laporan Transparansi Internasional Turki baru-baru ini “Sistem Integritas Nasional (NIS)” menunjukkan bahwa pengaruh eksekutif atas lembaga lain, seperti legislatif, yudikatif, ombudsman dan media merusak supremasi hukum dan berfungsinya proses demokrasi. Dalam beberapa tahun terakhir, proses reformasi antikorupsi telah menurun, karena amandemen kerangka sistem hukum telah melemahkan alih-alih memperkuat NIS.

Menurut terbaru 2017 Persepsi Korupsi Transparency International Index (CPI), Turki berada di peringkat 81 st dari 180 negara. Kunjungi halaman portal Anti-Korupsi Bisnis di: https://www.business-anti-corruption.com/country-profiles/turkey memberikan saran dan panduan tentang korupsi di Turki dan beberapa prosedur efektif dasar yang dapat Anda buat untuk melindungi perusahaan Anda. Informasi yang disediakan di halaman penyuapan dan korupsi Pemerintah Inggris Raya juga berguna. Lihat: https://www.gov.uk/anti-bribery-policy.

Saran keamanan pelindung

Pusat Perlindungan Infrastruktur Nasional juga memberikan nasihat keamanan pelindung untuk bisnis. Tingkat kejahatan di Turki pada umumnya cukup rendah. Masalah utamanya adalah:

  • perampokan
  • demonstrasi, yang dapat terjadi secara teratur di kota-kota besar

Kekayaan intelektual

Hak kekayaan intelektual bersifat teritorial, yaitu hanya memberikan perlindungan di negara tempat hak tersebut diberikan atau didaftarkan. Jika Anda berpikir untuk berdagang secara internasional, mereka harus mempertimbangkan untuk mendaftarkan hak kekayaan intelektual Anda di pasar ekspor Anda.

Hak kekayaan intelektual telah dilindungi di bawah aturan umum hukum Turki sejak permulaan Republik Turki. Turki adalah pihak dalam sejumlah perjanjian, konvensi, dan perjanjian internasional yang terkait dengan hak kekayaan intelektual. Di bawah hukum Turki, hak kekayaan intelektual utama yang mampu dilindungi adalah paten, merek dagang, desain terdaftar dan tidak terdaftar, hak cipta dan informasi rahasia.

Kantor Paten dan Merek Dagang Turki mendaftarkan merek dagang, paten, perjanjian lisensi, dan hak-hak tersebut setelah aplikasi. Perlindungan dimulai ketika aplikasi diajukan ke Institut Paten Turki.

Risiko Pembayaran Di Turki

UKEF membantu perusahaan Inggris mendapatkan bayaran dengan mengasuransikan default pembeli. Anda mungkin kesulitan mengakses valuta asing. Yakinlah bahwa Anda akan dibayar untuk kontrak ekspor Anda. Bicaralah dengan salah satu penasihat keuangan ekspor UKEF di: https://www.gov.uk/government/publications/find-an-export-finance-manager untuk mendapatkan nasihat gratis dan tidak memihak tentang pilihan asuransi Anda, atau hubungi salah satu ekspor UKEF yang disetujui broker asuransi.

Risiko mata uang saat mengekspor ke Turki

Jika Anda belum menetapkan nilai tukar Anda, Anda belum menetapkan harga Anda.

Anda harus mempertimbangkan apakah pilihan terbaik bagi Anda adalah menyetujui persyaratan dalam Sterling atau Lira Turki dalam kontrak apa pun. Anda juga harus mempertimbangkan untuk mendapatkan nasihat keuangan ahli tentang nilai tukar (terkadang disebut FX).

Tantangan dan Risiko Berbisnis di Turki

Dukungan pemerintah

Pemerintah dapat memberikan asuransi keuangan atau kredit khusus untuk mendukung ekspor Inggris Raya melalui Keuangan Ekspor Inggris Raya di lembaga kredit ekspor Inggris Raya. Untuk informasi terkini khusus negara tentang dukungan yang tersedia.